TRP
Bank Data Dibangun
07 Desember 2016 \\ \\ 36

JAKARTA — Citra Satelit Resolusi Tinggi yang diperlukan kementerian dan pemerintah daerah bisa dilayani Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Citra resolusi kurang dari empat meter tersedia di Bank Data Penginderaan Jauh Nasional. Pembangunan bank data jadi prioritas lembaga itu.

Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Selasa (6/12), di Jakarta, meluruskan pernyataan yang menyebut penghentian pasokan CSRT dari lembaga itu (Kompas, Senin 5/12). "LAPAN harus memenuhi kebutuhan citra satelit sesuai Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan," ujarnya.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Orbita Roswintiarti, menjelaskan, citra penginderaan jauh satelit diterima stasiun bumi LAPAN di dua lokasi, yakni di Parepare (Sulawesi Selatan) dan Bogor (Jawa Barat). Di Stasiun Parepare, LAPAN menerima data citra resolusi rendah dari satelit Aqua, Terra, dan SNPP.

Adapun data citra resolusi menengah (15-30 meter) didapat dari Landsat-7 dan Landsat-8. Citra satelit resolusi tinggi 1,5 m dari SPOT 6 dan SPOT 7 diterima dari satelit SPOT lewat stasiun bumi LAPAN di Parepare dan Bogor.

Untuk pemetaan skala 1 : 50.000 yang diperlukan Badan Informasi Geospasial, LAPAN memasok citra satelit Landsat dan SPOT. "Data citra Landsat dan SPOT termasuk area hutan bebas awan. Cakupannya lebih dari 95 persen wilayah Indonesia," ucap Thomas.

Namun, LAPAN harus membeli citra resolusi amat tinggi (CSRST) sampai 60 sentimeter. Data itu tersedia untuk tahun 2012-2015 dari penyedia data, yakni Airbus DS dan Digital Globe, urai Orbita. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat butuh CSRST untuk peta pertanahan dan jaringan irigasi, BIG untuk peta desa, Kementerian Pertanian untuk peta sawah dan perkebunan, serta pemda perlu CSRST untuk rencana detail tata ruang. (YUN)

Sumber: Kompas | 7 Desember 2016


Notice: Use of undefined constant tag - assumed 'tag' in /home/u0201324/public_html/tataruangpertanahan.com/templates/khazanah/modul/temp/kliping.php on line 38
Artikel Terkait.
Berikan komentar.