TRP
Alih Fungsi Hunian di Kawasan Tebet
17 Oktober 2016 \\ \\ 180

 

Alih Fungsi Hunian di Kawasan Tebet

  1. Mengacu kepada rencana induk 1960, pemerintah kota Jakarta merencanakan perbaikan kawasan Tebet bersama dengan kawasan lain seperti Rawamangun, Pasar Minggu, dan Karet Kuningan.
  2. Sebelumnya dibentuk jalur-jalur utama, yakni Pasar Minggu- Menteng dan Bogor–Kemayoran.
  3. Setelah infrastruktur terbentuk, pemerintah merencanakan Tebet dengan konsep perumahan dalam kota seperti Kebayoran Baru.
  4. Setelah Jalan Casablanka dibuka pada 1997, lingkungan kawasan hunian di Tebet perlahan berubah fungsi, yaitu perubahan elemen fisik bangunan dan kualitas ruang.
  5. Lokasi Kecamatan Tebet sangat strategis, berada pada pusat jasa dan perkantoran di Jalan Gatot Subroto, Jalan Prof Dr Supomo, Jalan Dr Saharjo, dan Jalan Casblanca.
  6. Luas wilayah Kecamatan Tebet adalah 9,04 kilometer persegi, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 171 Tahun 2008.

Perubahan fungsi:

  1. Jalan Tebet Barat Dalam: perkembangan kegiatan komersial dipengaruhi oleh pasar dan perkantoran yang ada di Jalan Gatot Subroto. Kegiatan komersial yang terbentuk didominasi oleh kantor, bank, dan toko-toko lain yang menunjang keberadaan pasar.
  2. Tebet Timur Dalam: perkembangannya dipengaruhi oleh pasar Tebet Timur. Bangunan di lokasi ini didominasi rumah kantor (rukan) dan rumah toko (ruko).
  3. Jalan Tebet Raya: perkembangannya dipengaruhi oleh akses Jalan Supomo dan Stasiun Tebet sehingga jalan ini menjadi jalur utama angkutan umum.
  4. Jalan Tebet Utara Dalam: perkembangannya dipengaruhi oleh keberadaan sekolah unggulan SMP 115, fungsi komersial di sepanjang Jalan Casblanca, Stasiun Tebet, dan akses yang menghubungkan Tebet dengan Casablanca dan Gatot Subroto dan perkantoran yang ada di Jalan Casablanca. Kini, sebagian besar bangunan berfungsi sebagai tempat makan dan toko untuk kaum muda.

 Sumber: Litbang ”Kompas”/BEY disarikan dari pemberitaan ”Kompas”, Tesis Pradita Widasari dan Badan Pusat Statistik

 

Berikan komentar.