TRP
Kebun Raya dan Konsep Tata Ruang Kota di Australia
05 September 2016 \\ \\ 160

Sydney - Ada hal yang menarik di beberapa kota besar di Australia. Di beberapa kota, selalu ada kebun raya yang berada di pusat kota.

Kebun-kebun itu seolah menjadi oase di tengah sibuknya kota. Karena saat memasuki kebun, warna hijau dan suasana tenang akan terasa seketika.

Setidaknya di dua kota terbesar di Australia, Sydney dan Melbourne ada kebun luas yang letaknya persis berada di tengah kota. Kebun-kebun itu menjadi hutan kota di tengah jajaran hutan beton yang menjadi pusat bisnis.

Di Melbourne ada Royal Botanic Gardens Victoria yang hanya berjarak tak lebih dari 2 Km dari pusat kota. Sedangkan di Sydney, ada The Royal Botanic Garden Sydney yang tepat berada di pusat bisnis.

Dua kebun raya yang berada di pusat kota ternyata memang disengaja sejak pembangunan kota di zaman pemerintahan kolonial Inggris. Ratu Inggris selalu menginginkan ada kebun di pusat kota.

"Royal Botanic Garden selalu dibangun di dekat kantor gubernur, seperti yang Anda lihat di Sydney. Di depan itu adalah kantor gubernur," kata Executive Director Sydney Royal Botanic Garden, Kim Ellis kepada detikcom dan 2 media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC International.

Di dua Royal Botanic Garden, baik di Sydney dan Melbourne, memang di bagian depannya berdiri rumah gubernur. Rumah bergaya klasik itu disebut telah dibangun sejak era kolonial.

Karena menjadi 'halaman' belakang rumah gubernur, maka letak kebun raya selalu berada di tengah kota. Seiring berjalannya waktu, saat kota terus berkembang dan melakukan pembangunan pesat, kebun raya tetap terjaga dan menjadi hutan kota.

Kini, kebun menjadi tempat 'pelarian' warga Australia dari kesibukan pekerjaan. Di Sydney, setiap siang hari pada jam makan siang orang-orang datang ke kebun untuk menikmati makan siang dan menepi dari kesibukan. Setiap pagi sebelum bekerja, warga juga menyempatkan untuk berolahraga di kebun. Olahraga kecil seperti lari dan senam bisa dilakukan di dalam kebun.

"Kebun kini menjadi salah satu tempat untuk melepas kepenatan. Duduk dan menikmati segarnya udara di kebun raya tentu bisa melepaskan stres pekerjaan," jelas Kim.

Selain menjadi tempat rekreasi, Royal Botanic Garden juga difungsikan sebagai sarana keilmuan. Berbagai fasilitas penelitian dibangun di area kebun.

Tanaman-tanaman koleksi kebun juga dijadikan objek penelitian. Sehingga, kebun juga rutin didatangi para pelajar untuk kepentingan keilmuan.

Dengan letaknya yang sangat strategis, maka kebun menjadi salah satu tempat favorit warga. Apalagi, kebun-kebun di Australia digratiskan dan dijaga kebersihannya sehingga menambah kenyamanan para pengunjung. (Hbb/nwk)

Sumber: detik.com | 21 Agustus 2016

Artikel Terkait.
Berikan komentar.