TRP
Alumni ITB Akan Teliti Teluk Jakarta, Hasilnya Diserahkan ke Presiden
05 Agustus 2016 \\ \\ 149

 

Jakarta - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) berencana membuat penelitian terkait reklamasi di Teluk Jakarta. Hasil penelitian ini akan diserahkan langsung ke Presiden Jokowi.

"Kita akan melihat ketahanan, ekonomi, ancaman terhadap warga Jakarta, heritage dan objek vital nasional. Hal ini akan menjadi preseden terhadap Teluk Jakarta. Apa yang harus diperbaiki dari pelaksanaannya? Apa yang harus diperbaiki reklamasi? Agar kesalahan terdahulu tidak terjadi," kata Koordinator Tim Panel Ahli Independen Ikatan Alumni ITB, Bernadius R Djonoputri dalam konfrensi pers di Kantor Ikatan Alumni ITB, Jl Hang Lekiu II, Jaksel, Kamis (4/8/2016).

Tim yang beranggotakan sebanyak 7 orang ini bergerak secara independen. Pada Juni lalu, mereka sudah bertemu Presiden Jokowi di Istana negara dan menyampaikan sejumlah gagasan.

Terkait penelitian teluk Jakarta ini, data-data perkembangan yang terjadi sudah dikumpulkan. Mereka berharap hasil penelitian ini bisa menjadi dasar pemerintah mengambil keputusan.

"Bicara teluk Jakarta tidak bisa dilihat dari laut, tapi daratan dan gugusan pulau, karena mereka satu kesatuan. Ketika mengintervensi, maka harus paham mana yang tidak boleh dan boleh kita ganggu. Kepres 95 (diterbitkan), karena tuntutan ekonomi di globalisasi," ucap anggota tim peneliti Hendrcus Andy Simarmata.

"Pemerintah bingung karena tidak punya data. Jadi hasilnya (penelitian) reklamasi kalau lanjut bagaimana kalau tidak bagaimana. Reklamasi bukan urusan hari ini dan besok karena menentukan teluk Jakarta 100 tahun mendatang," ucapnya.  (mnb/faj)

Sumber: detik.com | 4 Agustus 2016

 

Berikan komentar.