TRP
Dua Jalan Layang Segera Dioperasikan
28 Desember 2015 \\ \\ 375

JAKARTA — Pembangunan struktur dua jalan layang di Jakarta Selatan, yaitu Jalan Layang Permata Hijau dan Jalan Layang Kuningan Sisi Selatan sudah selesai. Peresmian kedua jalan layang itu diharapkan paling lambat dilakukan awal tahun depan. Warga berharap kedua jalan tersebut bisa mengurai kemacetan di sekitar lokasi.

Pantauan Kompas di Jalan Layang Permata Hijau, Sabtu (26/12), satu lajur dari arah Permata Hijau menuju Senayan sudah mulai diuji coba sejak sehari sebelumnya. Beberapa pengendara mobil dan sepeda motor pun langsung memanfaatkan jalan baru di atas jalur rel ganda tersebut.

Sementara satu lajur lagi dari Senayan ke Permata Hijau belum difungsikan. Pekerja terlihat masih membersihkan sisa-sisa material di jalan sepanjang 760 meter itu.

Hamsir (48), salah satu warga yang mencoba jalan baru ini, mengatakan, keberadaan Jalan Layang Permata Hijau mempermudah akses pengendara dari arah Permata Hijau ke Senayan. Sebelum ada jalan layang, ia harus berputar ke arah Palmerah, lalu berbelok ke Jalan Asia-Afrika.

Pemasangan dinding

Mulyanto, Pelaksana Struktur PT Brantas Abipraya (Persero), selaku pelaksana proyek jalan layang tersebut, mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyelesaikan pekerjaan tahap akhir, yaitu pemasangan dinding pagar bermotif setinggi 1,20 meter. Itu merupakan pekerjaan tambahan di luar pembangunan struktur jalan.

Proyek struktur jalan sendiri sudah selesai kira-kira dua pekan lalu. Uji coba dan peresmian akan disesuaikan dengan jadwal Pemprov DKI Jakarta. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta.

Satu jalan baru lagi, yakni Jalan Layang Kuningan Sisi Selatan, hingga kemarin belum diuji coba meski pengerjaan struktur jalan juga sudah 100 persen selesai.

Selain proyek fisiknya sudah rampung, kontraktor juga sudah memasang 13 dudukan lampu penerangan jalan umum, dan menata taman di kolong jalan layang.

Kemarin, akses masuk jalan layang dari arah Cawang, Jakarta Timur, masih ditutup dengan seng setinggi sekitar 1,5 meter. Pekerja pun masih terlihat mengerjakan beton pembatas, menghaluskan aspal, serta membersihkan sisa-sisa material

Menurut Andip Subekti, Office Engineer PT Nindya Karya (Persero), sebagai pelaksana proyek Jalan Layang Kuningan Sisi Selatan, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan Dishubtrans dan Dinas Bina Marga DKI Jakarta untuk melakukan uji coba jalan layang. Jalan layang sepanjang 681 meter dan lebar 9 meter itu diharapkan bisa mengurai kemacetan di ruas Cawang-Semanggi.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, kedua jalan layang itu akan dioperasikan secepatnya. "Proyek fisik sudah selesai 100 persen. Uji coba dan peresmian tertunda karena libur hari raya. Secepatnya akan kami resmikan," ujar Yusmada. (DEA)

Sumber: Kompas | 27 Desember 2015

Berikan komentar.