TRP
Kawasan Strategis Nasional Disepakati
01 Desember 2015 \\ \\ 389

BANDUNG — Substansi pembahasan kawasan strategis nasional Cekungan Bandung, yang meliputi lima kabupaten dan kota di Jawa Barat, telah disepakati. Pembahasan itu menjadi rancangan peraturan presiden mengenai kawasan strategis nasional yang berfungsi sebagai landasan hukum bagi pembangunan yang terintegrasi di kawasan Cekungan Bandung.

"Alhamdulillah, lima kabupaten dan kota sudah sepakat mengenai substansinya. Setelah ini akan ditindaklanjuti pembentukan lembaga yang efektif untuk mengelola kawasan strategis nasional (KSN) Cekungan Bandung tersebut," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Bandung, Senin (30/11).

Iwa mengatakan itu seusai bertemu dengan perwakilan lima kabupaten dan kota, serta Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang Budi Situmorang.

Lima daerah yang berada dalam KSN Cekungan Bandung adalah Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Pertemuan sekitar 1,5 jam tersebut berlangsung tertutup.

Disepakatinya rancangan peraturan presiden itu diharapkan mampu mewujudkan rencana tata ruang perkotaan Cekungan Bandung, di antaranya sistem transportasi yang terintegrasi, pengolahan sampah terpadu, dan sistem perekonomian yang saling mendukung.

Dalam hal transportasi, sedang direncanakan pembangunan sistem transportasi massal yang dapat menghubungkan kelima daerah tersebut. Selain dapat mengurangi kemacetan, transportasi massal diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga terjadi penghematan energi.

Pemerataan hunian juga menjadi hal yang dibahas dalam pertemuan. "Kami mengharapkan distribusi kawasan hunian yang seimbang. Pemerataan pendidikan juga penting, untuk mendukung daya saing kota yang merata," ujar Iwa.

Walaupun secara substansi rancangan peraturan presiden telah disepakati, menurut Iwa, pihaknya merencanakan satu pertemuan lagi. Diharapkan, peraturan presiden tentang KSN Cekungan Bandung selesai pada awal tahun depan sehingga proses pembangunan dapat segera dilakukan.

Pengaruh penting

Budi Situmorang mengatakan, KSN adalah wilayah yang diprioritaskan penataan ruangnya karena mempunyai pengaruh penting secara nasional untuk pertumbuhan ekonomi, lingkungan, ilmu pengetahuan, dan sosial budaya.

"KSN Cekungan Bandung diharapkan mempercepat sistem pembangunan penataan kota, baik mengenai transportasi, ekonomi, sampah, maupun penanganan banjir," ujar Budi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik rancangan peraturan presiden tentang KSN Cekungan Bandung. Menurut dia, peraturan presiden itu akan menyelaraskan pembangunan di Bandung Raya.

"Ini seperti mimpi yang terkabul. Selama dua tahun ini, saya kesulitan menyinkronkan pembangunan, terutama dalam hal transportasi. Masalah infrastruktur lintas batas, air, dan sampah penting untuk ditangani bersama," ujar Ridwan. (TAM)

Sumber: Kompas | 1 Desember 2015

Berikan komentar.