TRP
Sambut Hari Habitat 2015, Pemerintah Tingkatkan Ruang Terbuka Publik
06 Oktober 2015 \\ \\ 406

JAKARTA - Ruang publik menjadi isu yang ada hampir di setiap negara di dunia, salah satunya Indonesia. Tak heran, Hari Habitat Dunia 2015 yang jatuh pada 5 Oktober 2015 akan mengambil tema "Public Spaces for All" atau "Ruang Publik untuk Semua."
 
Bertepatan dengan hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) kian memaksimalkan dan menambah jumlah ruang terbuka hijau (RTH) untuk publik di Indonesia yang saat ini jumlahnya belum sesuai standar.
 
"RTH sudah pasti ruang publik, tetapi ruang publik belum tentu RTH. Pada dasarnya RTH itu luasnya harus 30 persen dari seluruh luas wilayah kota, sementara ruang terbuka 70 persen," papar Ruchyat Deni, Staf Ahli Menteri PUPR pada jumpa pers di Jakarta, Kamis (1/10/2015).
 
Salah satu cara memenuhi prosi ruang terbuka publik adalah dengan membuat lebih banyak ruang terbuka di wilayah perkotaan. Bentuknya pun tak melulu taman bermain tetapi meliputi jalan, jalur pedestrian, pasar, dan fasilitas publik lainnya.
 
Urgensi keberadaan ruang terbuka yang sesuai standar di wilayah perkotaan semakin mendesak mengingat fungsinya yang cukup vital. Salah satunya adalah untuk menunjang aktivitas manusia dan keberlanjutan lingkungan pemukiman di perkotaan.
 
"Ruang publik perkotaan yang baik akan meningkatkan kohesi sosial, kesehatan, kebahagian, dan kesejahteraan bagi semua masyarakat. Selain itu, ruang terbuka juga mampu mendorong investasi, pembangunan ekonomi lokal, dan kelestarian lingkungan pemukiman," jelas Rina Agustin, Sekretaris Dirjen Cipta Karya.
 
Rencananya, kegiatan peringatan Hari Habitat Dunia 2015 di Indonesia akan diselenggarakan di dua kota, yakni di Jakarta pada 5-6 Oktober 2015 dan di Denpasar pada 8-11 Oktober 2015.
Sumber: http://properti.kompas.com/read/2015/10/01/164346521/Sambut.Hari.Habitat.2015.Pemerintah.Tingkatkan.Ruang.Terbuka.Publik

Berikan komentar.