TRP
Anggaran Disusun untuk Percepatan
07 Juli 2015 \\ \\ 471

JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyiapkan tiga skenario politik anggaran untuk tahun 2016. Anggaran tersebut disusun untuk mempercepat berbagai proyek infrastruktur pemerintah.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Velix Wanggai dalam siaran persnya, Senin (6/7), di Jakarta, menyatakan ada tiga skenario yang disiapkan Kementerian PUPR untuk anggaran Kementerian PUPR 2016. Ketiga skenario tersebut difokuskan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur yang menjadi program pemerintah. "Ada tiga skenario politik anggaran tahun 2016, yakni skenario ideal, skenario moderat, dan skenario realistis," ujarnya.

Skenario ideal untuk memenuhi semua rencana Kementerian PUPR sebesar Rp 178,22 triliun. Skenario kedua, yakni skenario moderat, sebesar Rp 126 atau naik 6,3 persen dari tahun 2015 yang sebesar Rp 118,5 triliun. Skenario tersebut merupakan hasil dari pembahasan bersama Komisi V DPR. Terakhir, skenario ketiga sebagai skenario realistis sebesar Rp 102,5 triliun yang merupakan pagu indikatif yang diberikan oleh Kementerian Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kementerian PUPR mendapat tugas melaksanakan target strategis. Hal itu, misalnya, membangun 65 waduk, 1 juta irigasi baru, serta 3 juta hektar rehabilitasi jaringan irigasi dan penanganan kawasan rawan banjir. Di bidang bina marga, ditargetkan membangun 1.000 km jalan tol, 2.650 km jalan baru ruas nasional, dan pembangunan jembatan 29.859 meter.

Menurut Sekretaris Jenderal PUPR Taufik Widjoyono, setelah mengikuti rapat bersama Komisi V DPR, jika anggaran yang disetujui adalah Rp 126 triliun, ada beberapa proyek yang ditunda seperti pembangunan bendungan. (NAD)

Sumber: Kompas | 07 Juli 2015

Berikan komentar.