TRP
JK: Rencana KA Trans Kalimantan Sudah Dibicarakan 10 Tahun
19 Juni 2015 \\ \\ 312

Jakarta -Pemerintah sudah lama berencana membangun proyek kereta api Trans Kalimantan. Tepatnya sudah 10 tahun lamanya proyek ini dirancang, namun hingga sampai saat ini rencana tersebut belum juga terealisasi.

"Selama ini kan sudah 10 tahun dibicarakan tentang kereta api Trans Kalimantan. Nah, kemudian masing-masing provinsi juga punya rencana menghubungkan jalur kereta antar provinsi," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai rapat tentang perkeretaapian, di kantornya, Jumat (12/6/2015).

Agar proyek tersebut segera teralisasi, dirinya telah memberikan arahan kepada Menteri Perhubungan untuk mempercepat proyek ini. Apalagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan sudah sepakat untuk menghubungkan daerah dengan jalur kereta api.

"Kami setuju Menteri Perhubungan (Ignasius Jonan) segera memberikan izin percepatan program masing-masing daerah, dalam mencapai program nasional," katanya.

JK mengakui, pembangunan jalur kereta api di Kalimantan memang belum menguntungkan apabila hanya mengangkut penumpang, karena penduduk di Kalimantan yang masih sedikit. Untuk itu dirinya juga mendorong angkutan kereta api juga didorong untuk mendistribusikan barang terutama hasil tambang, seperti batu bara, kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO).

"Dalam hal ini kan di Kalimantan penduduknya tak banyak, tapi komoditi hasil tambangnya begitu kaya, jadi karena tidak ada transportasi maka menjadi mahal. Karena itu Kereta Api arus menjadi transportasi massal yang lebih murah harus dipercepat," tutup JK. (rrd/hen)

http://finance.detik.com/read/2015/06/12/174840/2941032/4/jk-rencana-ka-trans-kalimantan-sudah-dibicarakan-10-tahun

Berikan komentar.