MyPassion
Tata Ruang, Kunci Suksesnya Pembangunan Banten
06 Oktober 2014 \\ \\ 2916

Kota Banten membutuhkan percepatan pembangunan insfrastruktur yang berbasis penataan ruang agar bisa bangkit. Untuk itu, ada beberapa langkah yang akan dilakukan pemerintah provinsi Banten bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPu).

"Pembangunan tersebut terutama adalah percepatan pembangunan kawasan pengembangan baru seperti, pembangunan kawasan Selatan Banten untuk keseimbangan antar wilayah; Pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak yang dikutip dari laman Kementerian PU, Rabu (1/10/2014).

Selain itu, lanjut Hermanto, langkah lainnya yang akan dilakukan adalah percepatan pembangunan konektivitas untuk peningkatan daya saing; dan Pembangunan ekonomi berbasis sumber daya nasional seperti pembangunan waduk, situ dan bendung dalam rangka pencapaian kedaulatan pangan dan ketahanan air serta ketahanan energi

"Akses lintas selatan jalan ditargetkan 2019 bisa nyambung mulai dari tanjung lesung sampai ke pelabuhan ratu, karena disitu banyak pabrik-pabrik industri, dan dari Bayah ke Pelabuhan Ratu juga akan di tingkatkan, itu akan menerus disamping menuju Ciawi, juga lurus menuju Pangandaran dan tersambung ke Jateng dan Jatim," tambah Hermanti.

Sedangkan di tahun 2014 ini, Hermanto mengatakan bahwa sedang dilakukan pelebaran dan peningkatan di daerah utara yaitu, Cilegon-Serang-Tangerang, sedangkan dari Cilegon-Pasauran juga pelebaran, dan di daerah selatan juga sudah mulai dilakukan pelebaran menuju ke batas Jawa Barat,

Sementara itu, Plt Gubernur Banten Rano Karno berjanji akan meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk memajukan perekonomian di Banten.

“Ruh dari pembangunan provini ini adal infrastruktur, itu harus menjadi prioritas,” tutur Rano.

Rano mengatakan bahwa wilayah utara sudah sangat padat, sedangkan di wilayah selatan memiliki potensi yang sangat luar biasa. Sehingga fokus pembangunannya ada di wilayah Kabupaten Pandeglan dan Lebak.

"Karena pembangunan nasional di Banten banyak, di tahun 2015 Provinsi harus melakukan review Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang kini sudah di atur untuk 2010-2030," kata Rano

 Sumber: Kompas | 06 Oktober 2014

Berikan komentar.