MyPassion
1.040 Hektar Sawit Ilegal Dibabat
30 September 2014 \\ \\ 1

Kompas, (30/9/14) Forum Konservasi Leuser bersama pemerintah setempat mulai menebangi pohon sawit di lahan ilegal 1.040 hektar yang masuk kawasan hutan lindung Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang. Pemerintah hendak mengembalikan fungsi hutan itu dengan menanam tanaman khas Aceh Tamiang.

”Lahan itu dikuasai 6-7 orang,” kata Koordinator Wilayah Aceh Tamiang Forum Konservasi Leuser (FKL) Tezar Fahlevi, di lokasi penebangan, Senin (29/9). Lahan itu masuk wilayah hutan lindung bagian Kawasan Ekosistem Leuser (KEL).

Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten di timur Aceh, perbatasan Aceh dan Sumatera Utara. Dari Kota Banda Aceh berjarak 500-600 kilometer atau 10 jam perjalanan darat. Dari Medan berjarak 100 km atau dua-tiga jam perjalanan darat.

Sementara FKL adalah LSM yang terdiri atas mantan pekerja Badan Pengelola Kawasan Ekosistem Leuser (BPKEL) yang terbentuk 2013 setelah BPKEL dibubarkan Pemprov Aceh.

Menurut Tezar, penebangan tanaman sawit itu butuh waktu lama. ”Para pemilik kebun sempat tak rela melepas kebunnya. Adapun pemerintah sempat ragu karena menghindari konflik dengan warga,” ucapnya.

Penebangan akhirnya dimulai Senin lalu setelah warga dan pemerintah sepakat. Penebangan dilakukan para aktivis lingkungan bersama pemerintah didampingi tentara dan polisi.

Sekretaris Daerah Aceh Tamiang Razuardi Ibrahim menuturkan, pihaknya mendukung penuh pengembalian fungsi hutan lindung seperti sediakala. Paling tidak pemerintah membantu biaya pemotongan Rp 6.000 per batang. Dalam 1 hektar paling tidak ada 125 pohon.

Dato Penghulu/Kepala Kampung di Tenggulun Abdullah Sani mengatakan, pihaknya sangat berharap pemerintah mengembalikan fungsi hutan lindung di Aceh Tamiang, daerah langganan banjir bandang. ”Namun, pemerintah harus memperhatikan nasib buruh sawit agar tetap bertahan hidup,” ujarnya.

Kini, FKL sedang memantau kebun-kebun sawit yang diduga ilegal seluas 2.000 ha di kawasan hutan lindung yang sama.

 

sumber: http://www.kompas/kawasan lindung

Berikan komentar.