MyPassion
Hendarman Supandji Resmikan Data Center BPN
17 Februari 2014 \\ reforma-agraria \\ 1176

Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) Hendarman Supandji meresmikan Data Center Pertanahan di Jakarta, Kamis (13/2).

BPN RI saat ini telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pelayanan pertanahan melalui penerapan Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP). Dengan data center yang memiliki tingkat kehandalan dan kapasitas lebih besar ini, akses informasi pertanahan akan semakin cepat dan keamananya lebih terjamin.

Data Center BPN-RI ini dibangun dengan spesifikasi Tier-2 dimana setiap perangkat utama memiliki satu buah cadangan, untuk menjamin kelangsungan operasional data center apabila terjadi kegagalan pada sebuah perangkat. Kapasitas data center yang dibangun dapat menampung 16 rack server dan jaringan komunikasi, perangkat pendukung berupa 3 unit pendingin ruangan presisi, 2 unit UPS. Untuk menjamin ketersedian layanan selama 24 jam x 7 hari non stop, data center didukung 2 unit genset dengan tangki persediaan bahan bakar.

Jumlah data pertanahan yang di kelola oleh BPN RI memang sangat besar. Data Center yang diresmikan saat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan BPN sampai dengan dua atau tiga tahun ke depan, sampai dengan terbangunnya Data Center Pertanahan yang baru yang menurut rencana akan dibangun di Cikeas, Kabupaten Bogor. Data Center tersebut nantinya akan berkapasitas lebih besar dan dirancang akan lebih baik lagi dan memenuhi standar pengamanan yang optimal.

Peresmian penggunaan secara resmi Data Center BPN RI tersebut dilanjutkan dengan pengesahan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan penyedia layanan telekomunikasi yang menjadi dasar bagi pengoperasian layanan Short Message Service (SMS) informasi layanan pertanahan dengan kode akses 2409.

Berikan komentar.