MyPassion
Penyusunan Roadmap Pencegahan dan Penangan Konflik Sosial
14 Februari 2014 \\ konflik \\ 1718

Pada tanggal 13 Februari 2014 Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan menghadiri kegiatan pertemuan mengenai penyusunan Roadmap pencegahan dan Penangngan Konflik Sosial yang diselenggarakan oleh Direktorat Politik dan Komunikasi, Bappenas bertempat di Gedung SG-$ Bappenas, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut merupakan kick-off dari penyusunan roadmap sebagai awal dalam penulisan pedoman wawasan kebangsaan.  t sebagai awal dalam penulisan pedoman wawasan kebangsaan.  Dalam upaya pencegahan dan penanganan konflik harus dilakukan koordinasi secara komprehensif karena merupakan tanggung jawab bersama dan tidak dapat diselesaikan oleh satu sektor. Sejauh ini banyak kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan isu-isu strategis yang menyebabkan konflik terkendala di kementerian dalam negeri. Selama ini kementerian dalam negeri cenderung membentuk tim khusus dalam penangan konflik namun tidak berujung pada solusi yang tepat sehingga penanganan konflik tidak dapat berjalan dengan baik.

Dalam rangka penyusunan roadmap tersebut disusun matriks isu strategis penangan konflik, terdapat beberapa isu pada matriks yang berkaitan dengan penataan ruang dan pertanahan yaitu pada isu kesenjangan ekonomi dan perebutan Sumber Daya Alam serta isu masalah adat, kebudayaan dan identitas.

Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan menyampaikan bahwa pada penyusunan RPJMN di Bidang Pertanahan didasari dengan maraknya kasus dan sengketa pertanahan sehingga beberapa kebijakan yang disusun dapat mengakomodasi pencegahan dan penangan konflik sosial seperti terkait permasalahan adat, pembentukan pengadilan tanah serta pelaksanaan reforma agraria.

Kesimpulan pertemuan sebagai tindak lanjutnya adalah Direktorat Politik dan Komunikasi akan mengirimkan matriks melalui memo untuk dapat dilengkapi oleh direktorat sektor.

Berikan komentar.