MyPassion
Diskusi Knowledge Management
11 Februari 2014 \\ konflik \\ 1151

Pada tanggal 5 Februari 2014, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan (TRP) menyelenggarakan diskusi "Knowledge Management" atau disingkat KM yang merupakan salah satu kegiatan Dit TRP Tahun 2014. Knowledge management (KM) terdiri atas berbagai kegiatan di dalam suatu organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, mendistribusikan serta mengadopsi berbagai wawasan dan pengalaman. Wawasan dan pengalaman yang dikumpulkan ini mewakili knowledge (pengetahuan) yang dimiliki oleh satu individu dan tertanam di dalam organisasi dalam bentuk kegiatan dan proses pelaksanaan kegiatan.

Diskusi dibuka oleh Bapak Direktur Tata Ruang dan Pertanahan. Dalam pembukaannya disampaikan bahwa diskusi ini merupakan langkah awal dari pengembangan KM di Dit. TRP dalam meningkatkan kualitas kebijakan dan efektivitas kegiatan. ada beberapa point penting dalam hal ini yaitu materi berupa: 1) Konsep Knowledge Management; 2) Knowledge Mapping; 3) Knowledge Portal; 4) Knowledge Management Reformasi Birokrasi Indonesia; dan 5) Knowledge Management Kementerian PPN/Bappenas dan TRP.

Ada beberapa masukan diantaranya dalam mengembangkan KM yang diperlukan pertama adalah adanya champion/leader. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah perlu dilakukan perubahan paradigma dari masing-masing anggota, kemudian dilakukan internalisasi, dan implementasi. Dalam proses penerapan KM, tahapan yang paling krusial adalah dari tahap store ke share. Yang menjadi kendala adalah paradigma yang dimiliki setiap orang berbeda, dimana tidak semua orang mau untuk saling berbagi data dan informasi. Salah satu insentif untuk mengembangkan KM adalah terciptanya pengetahuan baru. Portal didefinisikan sebagai tempat untuk menyimpan semua data, informasi, dan pengetahuan di satu lokasi. KM tidak berhenti di komputer saja, tapi dapat dilakukan melalui advokasi, menyebarkan informasi secara luas melalui milis, facebook dan sebagainya.

Direktorat TRP sendiri sudah mulai mengumpulkan informasi seperti setiap pulang rapat selalu ada report. Itu sangat membantu untuk materi di website TRP. Untuk materi yang berdampak cukup luas di buletin TRP. Ada pula Kajian yang bukan saja disosialisasikan pada seminar internal, tapi juga konferensi internasional. Hal ini sudah merupakan bagian dari KM. Oleh karena itu yang diperlukan oleh Kementerian PPN/Bappenas adalah database ahli seperti linked-in. Sistem database ini perlu dilengkapi dengan cara rating kompetensi seseorang secara internal, tidak untuk disebarkan. selain itu perlu dikembangkan roadmap KM Kementerian PPN/Bappenas.  Perlu adanya validasi terhadap data dan informasi yang dibagikan, maka informasi dan pengetahuan dalam KM ini harus menjadi sumber terpercaya.

Tindak lanjut dari diskusi ini yaitu Direktorat TRP akan mulai menyusun Roadmap KM TRP, menyusun K-Map TRP dan menyusun time schedule dari setiap proses pengembangan KM. (SY)

 

 

Berikan komentar.